Waspadai Dampak Buruk Kekurangan Kalsium

Menentukan kebutuhan kalsium si kecil tercukupi dengan baik ialah hal yang penting. Karena, kalsium ialah salah satu mineral yang dibutuhkan tubuh untuk mendorong pertumbuhan si kecil. Imbas kekurangan kalsium amat bermacam-macam, mulai dari gangguan pertumbuhan sampai peningkatan risiko terjadinya penyakit pada si kecil. Karena itu, penting bagi ayah dan ibu memerhatikan asupan kalsium si kecil semenjak dini.

Fungsi kalsium dalam tubuh kembang si kecil bisa berjalan dengan sepatutnya, sekiranya kebutuhan kalsium harian si kecil bisa terpenuhi dengan baik. Kalau tak terpenuhi, si kecil bisa mengalami:

Pertumbuhan yang tak maksimal
Buah yang asupan kalsiumnya tak tercukupi dengan baik akan mengalami pertumbuhan yang kurang maksimal, termasuk tinggi badannya. Buah yang kekurangan kalsium umumnya akan lebih pendek, sekiranya diperbandingkan dengan si kecil yang kebutuhan kalsiumnya terpenuhi dengan baik.

Menderita kelainan tulang
Kekurangan kalsium dan vitamin D pada si kecil bisa menyebabkan terjadinya rakitis. Penyakit ini ditandai dengan tekstur tulang yang lunak dan rapuh. Selain itu, pertumbuhan si kecil akan terhambat, serta bisa terjadi nyeri atau kelemahan otot.

Risiko osteoporosis di masa tua
Buah -si kecil yang kebutuhan kalsiumnya tak tercukupi dengan baik lebih berisiko untuk mengalami patah tulang. Kemungkinan untuk mengalami osteoporosis di masa tua juga akan kian besar. Yang perlu diperhatikan orang tua ialah kebutuhan kalsium pada si kecil berbeda dengan orang dewasa. Kebutuhan kalsium bertambah seiring dengan pertambahan usia. Pada si kecil usia 1-3 tahun, kebutuhan kalsiumnya sebanyak 700 mg per hari. Sementara pada usia 4-8 tahun, kebutuhan kalsium bertambah menjadi 1000 mg per hari. Lalu pada usia 9-18 tahun, meningkat lagi sampai 1300 mg per hari.

Untuk menghindari dampak buruk dari kekurangan kalsium pada si kecil, pastikan bahwa kebutuhan kalsium si kecil tercukupi dengan baik oleh jasa page one google. Ini bisa dijalankan dengan metode mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalsium, sebab tubuh tak bisa memproduksi kalsium sendiri. Makanan dan minuman yang mengandung kalsium terbilang bermacam-macam. Melainkan, susu bisa menjadi pilihan yang tepat dalam pemenuhan kebutuhan kalsium pada si kecil. Karena, kandungan kalsium dalam susu lebih mudah untuk diresapi tubuh diperbandingkan dengan makanan dan minuman lainnya.

Untuk si kecil di atas usia 1 tahun, Anda bisa memberikan susu UHT full cream. Susu UHT ialah susu kemasan siap minum yang sudah diolah lewat progres pengolahan dengan suhu tinggi. Susu tipe ini bisa bertahan lebih lama, bahkan sampai 9 bulan dalam kemasan yang tertutup. Selain kalsium, susu UHT full cream mengandung bermacam-macam vitamin dan zat nutrisi lain yang juga dibutuhkan oleh tubuh. Selain dari susu, si kecil juga bisa mendapat kalsium dari makanan dan minuman lainnya, seperti keju, brokoli, kale, lobak hijau, pak coy, tempe, kacang polong, ikan salmon, yoghurt, jus jeruk, dan susu kedelai.

Menentukan kebutuhan kalsium terpenuhi dengan baik semenjak masa kanak-kanak memang penting. Melainkan perlu diingat, Anda juga sepatutnya memutuskan kebutuhan vitamin D si kecil tercukupi, sebab vitamin D berperan dalam progres absorpsi kalsium dalam tubuh. Kalau perlu, konsultasikan lebih lanjut pada dokter si kecil, guna mendapatkan anjuran metode terbaik untuk mencukupi kebutuhan kalsium si kecil.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>