Beragam Minyak Goreng yang Baik untuk Kesehatan Jantung

Minyak goreng digunakan secara luas untuk memasak, terlepas dari apa jenisnya. Setiap ragam minyak goreng mempunyai kadar lemak tidak jenuh (lemak baik) dan lemak jenuh (lemak jahat) yang berbeda-beda. Simak bermacam opsi minyak goreng yang baik untuk kesehatan jantung.

Pola makan yang banyak mengandung lemak jenuh dihubungkan dengan meningkatnya kadar kolesterol dan risiko penyakit jantung. Oleh sebab itu, menjalani pola hidup sehat termasuk pemilihan ragam minyak goreng menjadi penting, demi menjaga kesehatan jantung. Berikut ialah beberapa opsi minyak goreng yang baik untuk kesehatan jantung:

Minyak zaitun

Minyak zaitun ialah salah satu opsi seo minyak yang sehat untuk jantung. Ini sebab lemak dalam minyak zaitun beberapa besar berupa lemak tidak jenuh dan tidak mengandung kolesterol. Minyak ini mengandung sejumlah antioksidan serta sedikit vitamin E dan K. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi minyak zaitun ragam extra virgin bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung hingga 39 persen. Minyak zaitun bisa digunakan untuk mengolah makanan dengan metode ditumis dalam suhu sedang. Sistem ini ialah untuk menjaga poin nutrisi dan cita rasa minyak zaitun. Tidak hanya dimanfaatkan sebagai minyak goreng, minyak zaitun juga bisa Anda pakai untuk membikin saus salad dan olesan roti.

Minyak kanola

Minyak kanola juga termasuk minyak nabati yang pantas untuk dipilih. Minyak kanola mempunyai ciri khas ialah tidak mempunyai rasa. Selain itu, spot asap minyak kanola tergolong tinggi sehingga baik digunakan untuk memanggang, membakar, dan menumis. Titik asap ialah batas suhu di mana minyak akan mengalami perubahan kandungan nutrisi. Minyak kanola juga mengandung omega-3 dan omega-6 yang sungguh-sungguh tinggi diperbandingkan minyak nabati lainnya.

Minyak alpukat

Minyak alpukat tergolong tidak biasa di pasaran. Tetapi, kualitasnya tidak keok dengan minyak zaitun dan kanola. Lemak yang terkandung di dalam minyak alpukat juga berupa lemak tidak jenuh, serta bebas kolesterol, sehingga baik untuk jantung. Minyak ini aman digunakan dalam suhu yang tinggi tanpa membuatnya berasap.

Minyak kacang

Minyak goreng ragam ini diolah dari kacang tanah dan campuran beberapa ragam kacang, seperti kacang walnut dan almond. Minyak kacang mengandung vitamin E dan bermacam ragam lemak, melainkan kandungan lemak baiknya lebih tinggi ketimbang lemak jahat. Minyak kacang mempunyai spot asap yang tinggi, ialah hingga 225 derajat Celcius, sehingga pantas untuk menggoreng. Para pakar merekomendasikan minyak goreng ini sebab dianggap baik untuk kesehatan jantung.

Minyak biji bunga sang surya (sunflower oil)

Minyak goreng yang satu ini diketahui juga mempunyai kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Minyak biji bunga sang surya mengandung lemak baik ragam lemak tidak jenuh ganda, antioksidan seperti flavonoid dan asam fenolat, vitamin E, serta mineral. Kandungan nutrisi minyak biji bunga sang surya diandalkan baik untuk memelihara kesehatan jantung, melainkan manfaat hal yang demikian masih perlu diteliti lebih lanjut. Minyak goreng ragam ini baik dikonsumsi mentah sebagai campuran saus atau salad, atau diolah sebagai bahan untuk menumis dan memanggang.

Minyak yang bersumber dari hewan, seperti lemak bebek atau lemak babi, mengandung lemak jenuh dan kolesterol. Sementara ragam minyak goreng lain, seperti minyak kelapa, minyak sawit, dan mentega, juga mempunyai kandungan lemak jenuh. Untuk mengurangi risiko munculnya bermacam penyakit, terpenting penyakit jantung, direkomendasikan mengontrol konsumsi ragam minyak ini.

Untuk mengurangi konsumsi lemak jahat, salah satu caranya ialah dengan memilih minyak goreng yang sehat. Dengan mengetahui asal minyak goreng dan manfaatnya, Anda bisa lebih waspada dalam mengontrol asupan lemak serta pola makan yang baik.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>