Cara Memahami Penyakit Chikungunya

Rasa nyeri pada bagian sendi dan disertai demam, adakalanya diartikan sebagai flu tulang. Melainkan, tidak ada penjelasan yang pasti mengenai jenis penyakit yang satu ini. Sebetulnya, apakah yang dimaksud dengan flu tulang?

Di dalam dunia medis hakekatnya tidak ada istilah flu tulang. Melainkan, sebagian penyakit seperti Chikungunya dan osteomelitis, tidak jarang disebut sebagai flu tulang. Untuk mengenal alasan kedua penyakit itu kerap kali dianggap flu tulang, ada pantasnya Anda mengenali kedua jenis penyakit tersebut.

Chikungunya disebabkan oleh virus yang ditularkan dari nyamuk yang telah terinfeksi terhadap manusia. Nyamuk yang bisa menularkan virus ini yaitu nyamuk Aedes albopictus dan Aedes aegypti. Chikungunya adakalanya juga dikategorikan ke dalam virus rematik sebab efeknya terhadap sendi. Chikungunya kerap kali dianggap sebagai flu tulang sebab memengaruhi persendian. Virus genus Alphavirus yang ditularkan oleh nyamuk tersebut, bisa membuat seseorang yang terinfeksi mengalami sebagian gejala berupa:

  1. Demam hingga 400 Celcius dan sendi membengkak.
  2. Menikmati kelelahan, pusing, sakit otot, mual, dan muncul ruam-ruam di kulit.
  3. Muncul rasa sakit pada sendi bagian pergelangan kaki, punggung bawah, lutut, antar tulang jari, atau pergelangan tangan.

Gejala tersebut biasanya bisa berlangsung selama sekitar 3 hari. Padahal jarang berpengaruh fatal, virus tetap bisa tinggal di dalam tubuh selama sekitar 7 hari. Pada bentang waktu ini, nyamuk lain yang menggigit penderita bisa ikut serta terinfeksi virus penyebab chikungunya. Mereka yang telah pernah terinfeksi akan mempunyai kekebalan seumur hidup terhadap chikungunya.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>