Thursday, March 25, 2021

Ingin Memiliki Blog atau Website SEO Friendly? Yuk, Ikuti Cara Belajar SEO di Sini

Must Read

Bagi kamu pengguna website atau blogger pemula, sepertinya mempelajari SEO sangatlah diperlukan. Hal ini agar website atau blog yang kamu kembangkan menjadi SEO friendly. Namun, pastinya, bagi pemula seperti kamu masih bingung, apa saja yang harus dipelajari tentang SEO. Nah, untuk itu, di sini ada beberapa cara belajar SEO.

Ingin tahu apa saja cara belajar SEO yang bisa diterapkan khususnya untuk pengguna website atau blogger pemula? Yuk, simak caranya di bawah ini ya.

7 Cara Belajar SEO untuk Pemula

Cara belajar seo agar bisa optimasi SEO pada website sendiri

1. Memahami Konsep Dasar SEO

Seperti yang kamu tahu, pengertian SEO adalah upaya atau tindakan yang dilakukan agar website atau blog berada di peringkat teratas pada mesin pencarian. Nah, untuk melakukan upaya tersebut, tentunya kamu harus memahami konsep dasar SEO terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar upaya yang kamu lakukan itu tepat.

Ada beberapa konsep dasar SEO yang perlu kamu ketahui. Pertama, SEO berkaitan dengan konten berkualitas serta kecepatan akses konten. Kedua, website atau blog SEO friendly memiliki struktur serta navigasi. Kemudian, kamu juga harus memperhatikan kepuasan pengunjung, agar nantinya website kamu bisa dikenal banyak orang, blog atau website menjadi website recommended.

2. Optimasi Kecepatan Website

Setelah memahami konsep dasar SEO, kamu perlu untuk mengoptimasi kecepatan website atau blog kamu. Hal ini dilakukan agar pengunjung merasa nyaman serta puas bahkan betah berlama lama untuk mengunjungi website atau blog kamu.

Untuk mengoptimasi kecepatan website, kamu harus memastikan jika website atau blog menggunakan hosting terbaik. Kemudian, kamu juga bisa menggunakan tools untuk optimasi kecepatan website loh.

3. Optimasi Website Mobile Friendly

Salah satu faktor website atau blog SEO friendly adalah website atau blog tersebut sudah termasuk mobile friendly. Hal ini karena hampir semua pengunjung menggunakan smartphone untuk mengakses website atau blog.

Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan tema atau template website atau blog yang responsif ya. Dan jangan ketinggalan juga, gunakan font yang mudah untuk dibaca.

4. Riset Keyword

Jika kita berbicara tentang SEO, pasti keyword menjadi hal yang tak boleh terlewatkan. Hal ini karena dengan keyword yang tepat website atau blog kamu bisa menduduki posisi terbaik pada mesin pencarian.

Nah, untuk menemukan keyword yang tepat, kamu bisa melakukan riset keyword. Di sini kamu bisa menggunakan SEO tools untuk riset sebuah keyword.

5. Buat Konten

Setelah melakukan riset keyword, cara belajar SEO selanjutnya adalah buat konten. Di sini, kamu wajib sekali untuk buat konten yang berkualitas dan menarik. Di mana konten tersebut memberikan solusi tentang masalah yang dihadapi oleh pengunjung. Kemudian, pastikan konten tersebut adalah konten yang banyak dicari pengunjung, dan unik ya.

6. SEO on Page

Selanjutnya, dalam belajar SEO, kamu juga harus memahami SEO on page. Di mana SEO on page sangat berkaitan dengan konten website. Nah, agar SEO on page bisa dioptimalkan dalam website, kamu bisa loh menggunakan keyword banyak dicari, pasang internal link, serta menggunakan title dan meta description sesuai dengan isi konten.

7. SEO off Page

Selain SEO on page, kamu juga harus memahami SEO off page. Jika SEO on page berkaitan dengan konten website, maka SEO off page berkaitan dengan hal-hal yang di luar website. Di mana hal tersebut bisa berupa backlink SEO.

Di mana backlink SEO adalah link yang berada di website orang lain yang merujuk ke website kamu. Nah, untuk mencari atau mendapatkan backlink itu sendiri, kamu bisa melakukannya dengan tulis konten berkualitas, blogwalking, tulis konten untuk website lain, perluas pertemanan kamu, dan masih banyak lagi.

Nah, itulah informasi tentang cara belajar SEO yang bisa diterapkan oleh pemula. Kelima cara di atas juga bisa kamu gunakan sebagai cara membuat SEO secara mandiri loh, jadi kamu tidak perlu menggunakan jasa SEO lagi untuk optimasi website kamu.

Latest Posts