Thursday, March 25, 2021

Ketahuilah Teknik SEO on Page untuk Website Kamu

Must Read

Sebuah website sangat berkaitan erat dengan SEO. Ada di jenis SEO dan salah satunya adalah SEO on page. Di mana SEO on page merupakan upaya mengoptimalkan konten pada halaman website. Dalam hal ini penggunaan SEO on page agar konten pada website adalah konten yang SEO friendly.

Konten yang SEO friendly akan lebih mudah ditemukan. Dengan demikian, website memiliki kesempatan yang sangat besar untuk berada di halaman pertama atau bahkan urutan pertama mesin pencarian.

Lalu, bagaimana si penerapan SEO on page yang tepat untuk website kamu? Di sini, tentunya kamu harus menerapkan teknik SEO on page dengan benar. Nah, berikut ini teknik SEO on page yang harus kamu ketahui dan pastinya diterapkan untuk website yang kamu miliki.

4 Teknik SEO on Page

Teknik SEO on page untuk website

1. Buat Judul dan Konten yang Menarik

Teknik pertama yang harus kamu lakukan adalah kamu harus buat judul yang menarik untuk konten kamu. Dengan judul yang menarik, maka judul tersebut akan mengundang pengunjung untuk mengunjungi website kamu dan membaca konten tersebut.

Bukan hanya judulnya saja, konten yang kamu buat juga harus menarik. Hal ini dilakukan agar orang yang membaca tidak kecewa dengan isi kontennya. Selain menarik, tentunya konten tersebut haruslah konten bermanfaat, agar pengunjung suka dengan website kamu karena website kamu memecahkan masalah yang dihadapi pengunjung sekaligus menambah wawasan.

2. Taruh Keyword pada Judul dan Konten

Selanjutnya, agar kamu bisa mengoptimalkan SEO on page, kamu harus menaruh keyword pada judul dan konten. Hal ini karena keyword adalah komponen utama dalam optimasi SEO on page.

Dengan kamu menaruh keyword pada judul, konten kamu akan mudah ditemukan. Selain itu, hal tersebut memungkinkan jika konten kamu berada pada halaman pertama di laman hasil pencarian.

Kemudian, untuk keyword yang ditaruh di konten, sebaiknya taruh keyword pada bagian penting. Kamu bisa menaruh keyword pada paragraf pertama atau 100 kata pertama dari konten tersebut. Ini dilakukan agar pengunjung bisa mengetahui dengan jelas apa isi dari konten kamu, karena untuk menggambarkan isi konten bukan hanya dari judul saja.

3. Pasang Internal Link

Teknik SEO on page selanjutnya adalah pasang internal link. Internal link adalah link yang dipasang dalam konten, yang mana link tersebut mengarahkan pengunjung website untuk membuka dan membaca konten lainnya di website kamu. Namun, pasang internal link yang berhubungan dengan konten tersebut ya.

Kenapa harus menggunakan internal link pada konten? Hal ini karena mesin pencarian lebih menyukai serta mengutamakan halaman yang kontennya saling berhubungan. Selain disukai mesin pencarian, konten yang terdapat internal link juga lebih sukai pengunjung loh, karena mereka dengan mudah menemukan informasi lain yang masih berkaitan dengan konten tersebut.

4. Tambah dan Optimasi Gambar

Agar konten terlihat tidak membosankan maka sebaiknya kamu tambah gambar pada konten website kamu. Dengan tambahan gambar, pengunjung akan betah berlama – lama untuk membaca konten yang ada pada website kamu.

Namun, kamu harus memperhatikan satu hal nih. Kamu tidak boleh menambah gambar saja. Gambar yang kamu tambahkan juga harus dioptimasi agar bisa meningkatkan SEO on page. Pertama, kamu harus perhatikan ukuran gambar. Sebaiknya ukuran gambar janganlah terlalu besar, agar website mudah untuk diakses.

Kedua, kamu rename file gambar sesuai dengan keyword yang kamu gunakan. Dengan nama file yang disesuaikan dengan keyword, gambar tersebut bisa muncul di pencarian gambar pada mesin pencarian.

Kemudian, kamu sebaiknya ubah alt text sesuai dengan keyword yang ditargetkan. Dalam hal ini alt text digunakan untuk membantu Google mengidentifikasi topik yang dibahas pada konten. Selanjutnya, alt text yang tepat juga bisa memunculkan gambar pada pencarian gambar dengan mudah.

Nah, itulah teknik yang bisa kamu gunakan untuk mengoptimalkan SEO on page pada website kamu. Dengan melakukan teknik tersebut dengan baik, maka kamu bisa mendapatkan manfaat SEO, seperti meningkatnya jumlah pengunjung website, website kamu bisa muncul pada urutan teratas mesin pencarian, serta website kamu bisa bersaing dengan kompetitor yang lainnya.

Latest Posts