Thursday, March 25, 2021

Nostalgia, Inilah 10 Daftar Pembelian Terbaik Inter Milan di Era Kepresiden Massimo Moratti

Must Read

Nama Massimo Moratti pasti sangat berarti bagi Inter Milan. Era kejayaan Nerazzurri tak lepas dari peran Moratti yang sukses mendatangkan beberapa talenta hebat. Salah satu pencapaian bersejarah bagi Inter Milan adalah musim 2009/2010, dimana saat itu Inter Milan sukses meraih treble winner.

Nama Moratti bahkan masih tercatat sebagai sosok nomor satu di klub, Moratti menjadi pemilik Inter Milan pada tahun 1995. Namun, seiring berjalannya waktu Inter Milan mulai meredup dan performa tim mengalami penurunan. Tahun 2013, Erick Thohir mengambil alih peran Moratti sebagai pemilik klub.

Dalam tempo 18 tahun menjadi pemilik Inter Milan, ada berbagai momen telah dilewati oleh Moratti, berbagai prestasi dan membangun kekuatan tim dengan mendatangkan pemain bertalenta hebat.Bernostalgia ke era kejayaan Moratti, siapa saja pembelian terbaik Inter Milan saat itu?

1. Javier Zanetti

Pemain asal Argentina itu dibeli dengan nilai transfer sebesar 6,5 juta Euro di tahun 1995. Javier Zanetti pun ditunjuk menjadi kapten Inter Milan saat Nerazzurri meraih treble winner pada tahun 2020. Zanetti merupakan ikon klub dan menjadi pemain legendaris Inter Milan, setelah pensiun Zanetti diberikan kepercayaan untuk menjadi wakil presiden klub.

Javier Zanetti layak disebut pemain legendaris Inter Milan, bahkan bek asal Argentina itu mencatatkan rekor penampilan terbanyak yakni 858 laga. Tak hanya gelar kolektif, Zanetti juga sukses meraih gelar Inter Milan Hall of Frame pada tahun 2018 lalu. Sosok Zanetti memang selalu melekat dihati para fans dan semua orang mengetahui bagaimana dedikasinya untuk klub.

2. Esteban Cambiasso

Gelandang asal Argentina itu didatangkan dari Real Madrid pada tahun 2004 dengan status bebas transfer. Meski datang sebagai pemain gratis, Cambiasso berhasil membuktikan kontribusi yang besar untuk tim.

Selama sembilan musim berseragam Inter Milan, Cambiasso berhasil mencatatkan lebih dari 300 penampilan di semua ajang. Pemain berjulukan Chucu itu sering diandalkan untuk memperkuat lini tengah. 

Kehadirannya di dalam skuad Inter Milan merupakan pembelian terbaik yang dilakukan Inter Milan kepada Real Madrid. Dimanapun pergi, Cambiasso selalu berhasil membuktikan diri dalam kesuksesan memenangkan gelar meski berapa kali Nerazzurri berganti pelatih.

3. Diego Milito

Diego Milito merupakan pembelian terbaik Inter Milan, pemain asal Argentina itu didatangkan dari Genoa dengan mahar sebesar 25 juta euro. Direkrut pada tahun 2009, Milito diberikan kepercayaan untuk mengisi posisi yang ditinggal Zlatan Ibrahimovic.

Bomber asal Swedia itu memutuskan berlabuh ke Barcelona tahun 2009. Pada musim perdananya, Milito mampu mencatatkan 30 gol di semua kompetisi. Diego Milito bahkan dinobatkan sebagai faktor yang sangat penting bagi Inter Milan dalam merengkuh treble di tahun 2010.

Tak hanya itu, Diego Milito bahkan ikut menyumbang dua gol saat kemenangan meyakinkan Inter Milan atas Bayern Munich dengan skor 2-0. Bomber Argentina itu meraih UEFA Player of The Year, Serie A Footballer of The Year, dan juga mendapatkan Serie A Foreign Footballer of The Year pada tahun itu.

4. Dejan Stankovic

Pemain asal Serbia ini bergabung dengan Inter Milan pada tahun 2004 dengan nilai transfer menyentuh 4 juta euro. Nama Stankovic mulai dikenal saat membantu Lazio meraih Scudetto dan Liga Champions.

Stankovic telah mencatatkan 300 laga dari 10 musim berseragam Inter Milan, Stankovic juga mendapatkan banyak trofi berharga bersama Inter Milan. Inter Milan benar-benar beruntung pernah memiliki gelandang bertalenta seperti Stankovic.

5. Ivan Cordoba

Bek asal Argentina itu dibeli dari San Lorenzo dengan nilai transfer senilai 14 juta euro. Ivan Cordoba bahkan muncul sebagai salah satu pemain belakang paling berharga yang dimiliki Inter Milan.

Cordoba memang kalah saing dari nama-nama besar seperti Fabio Cannavaro, Marco Materazzi, Walter Samuel, hingga Lucio. Namun, dari segi tingkatan kualitas, Cordoba masih setara dengan nama-nama besar diatas. Cordoba merupakan bek tangguh yang menjadi tembok pertahanan Nerazzurri.

6. Walter Samuel

Pemain berkebangsaan Argentina itu dibeli dari Real Madrid tahun 2005 dengan nilai transfer sekitar 18 juta euro. Nama Samuel mulai bersinar saat sang pemain memperkuat AS Roma, karir Samuel sempat mengalami penurunan saat gabung dengan Real Madrid. 

Tahun 2005, Samuel setelah pindah ke Inter Milan, bahkan Samuel dan Lucio menjadi pemain andalan Jose Mourinho dalam skuad. Samuel pun kembali melanjutkan kesuksesan pemain Argentina yang bermain untuk Inter Milan.

7. Samuel Eto’o

Pemain asal Kamerun ini didatangkan dari Barcelona dengan status bebas transfer, Eto’o menjadi bagian dari transfer Zlatan Ibrahimovic. Awal kehadirannya di Inter Milan, Eto’o sempat diragukan bisa mencapai level yang setara dengan Ibrahimovic yang kala itu sedang hebat-hebatnya.

Namun yang terjadi justru sebaliknya, Eto’o menjadi sosok penting yang membantu Inter Milan meraih treble winner. Sayangnya, pemain asal Kamerun itu tidak bertahan lama berseragam Inter Milan, Eto’o hanya bermain selama dua musim sebelum dijual ke Anzhi Makhachkala pada tahun 2011.  Ketajaman Eto’o di lini serang Inter Milan benar-benar memukau di eranya.

8. Wesley Sneijder

Pemain asal Belanda itu rekrut dari Real Madrid dengan nilai transfer sebesar 15 juta Euro tahun 2009. Kalah saing dengan skuad utama Los Blancos, Sneijder malah tampil memukau bersama Inter Milan.

Meski nilai transfer Sneijder tidaklah besar, Wesley Sneijder bertransformasi menjadi playmaker terbaik eropa saat itu.Bergabung dengan Nerazzurri membuat karir Sneijder mengingat kembali.

Namun sayangnya, pencapaian yang diraih Sneijder di tahun 2010 tak membuat namanya memenangkan trofi Ballon d’or di tahun 2010. Lionel Messi yang meraih trofi Ballon d’Or di tahun 2010.

9. Zlatan Ibrahimovic

Bomber asal Swedia, Zlatan Ibrahimovic didatangkan dari Juventus dengan nilai transfer  sebesar 25 juta Euro pada tahun 2006. Pemain yang kini berusia 39 tahun itu punya sejarah unik dalam karir sepakbolanya di Liga Italia. Ibrahimovic pernah bergabung di tiga klub yang punya rivalitas tinggi di Liga Italia.

Itu dimulai saat Ibrahimovic membela Juventus pada periode 2004 hingga 2006, setelah itu penyerang asal Swedia itu berlabuh ke Inter Milan pada periode 2006 hingga 2009. Selama berseragam Inter Milan, Ibrahimovic mampu membantu Nerazzurri meraih trofi Liga Italia dan Coppa Italia.

Ibrahimovic juga menjadi top skor Liga Italia musim 2008/2009. Setelah itu Ibrahimovic hijrah ke Spanyol. Hanya bermain satu musim di Barcelona, Ibrahimovic kembali ke Italia dan bergabung dengan AC Milan.

10. Julio Cesar

Penjaga gawang asal Brasil, Julio Cesar didatangkan dari Flamengo via Chievo Verona pada tahun 2005 secara gratis. Awal mulanya, Julio Cesar diperkirakan hanya menjadi pelapis dari Francesco Toldo. Namun, Cesar malah mampu tampil apik di bawah mistar gawang Nerazzurri.

Julio Cesar mampu tampil sebanyak 300 laga selama tujuh musim memperkuat Inter Milan. Era kejayaan Inter Milan ditandai dengan gemilangnya performa kiper berkebangsaan Brazil itu. Cesar juga berperan dalam kesuksesan Inter Milan meraih treble winner tahun 2010 dibawah asuhan Jose Mourinho.

Itulah 10 pembelian terbaik yang mendatangkan kesuksesan bagi Inter Milan di era kepresidenan Massimo Moratti. Sepuluh pemain itu merupakan sosok penting dibalik kesuksesan yang pernah diraih Inter Milan.

 

Latest Posts